Terima Kasih Anda Telah Berkunjung di Blog Abahe Nely

Sabtu, 02 Juli 2011

3 Kata Serapan yang Sering Salah Digunakan Orang

Di era globalisasi ini (kok kayak opening makalah ya?), kata serapan dari bahasa asing, terutama bahasa Inggris, sudah sangat lazim digunakan. Sayangnya, ada beberapa kata yang sering salah digunakan alias kurang tepat penggunaannya. Apa sajakah itu?

1. Entertain

Sering Digunakan Oleh: Biasanya sih artis-artis sinetron gitu. Tapi banyak orang lain juga sih.
Contoh Penggunaan yang Salah: “Biasa lah mas, dunia entertain emang kayak gitu kok.”
Arti Sebenarnya: Entertain itu artinya menghibur. Jadi kalo seseorang ngomong “dunia entertain”, itu artinya “dunia menghibur”. Yah, gak salah juga sih. Tapi agak aneh kan, karena pada dasarnya apa yang mereka ingin bilang adalah dunia hiburan.
Jadi yang Bener Adalah? Kalo yang dimaksud adalah hiburan, maka kata yang tepat adalah entertainment.

2. Safety

Sering Digunakan Oleh: Orang-orang yang bertanggung jawab atas keselamatan dan keamanan orang lain.
Contoh Penggunaan yang Salah: “Mbak, tasnya ditaro di depan aja, biar lebih safety“.

Arti Sebenarnya: Safety itu kurang lebih artinya keamanan. Jadi kalo ada orang ngomong “biar lebih safety”, itu berarti mereka bilang “biar lebih keamanan”. Kurang tepat ya sepertinya?
Jadi yang Bener Adalah? Safe. Jadi kalo lo mau ngomong “Biar aman aja, boi!”, lo bisa bilang “biar safe aja, boi!”.

3. Boring

Sering Digunakan Oleh: Siapa aja sih. Banyak banget.
Contoh Penggunaan yang Salah: “Main yuk, gue lagi boring banget nih!!”
Arti Sebenarnya: Boring itu artinya membosankan. Jadi kalo lo ngomong “gue lagi boring” artinya lo lagi membosankan. Hmm, lagi-lagi gak gitu salah juga sih, tapi kayaknya agak jarang ya ada orang yang mengakui dirinya membosankan?
Jadi yang Bener Adalah: Kata boring bisa lo gunakan kalo misalkan yang membosankan adalah pelajaran atau film atau sebuah acara atau apalah. Jadi lo bisa bilang, “Ah, pelajarannya boring banget!”. Tapi kalo lo mau bilang lo lagi bosen, maka seharusnya yang bener adalah “gue lagi bored nih.” Err…aneh juga ya? Mungkin lebih baik lo bilang lo lagi bosen aja.
Gak ada yang salah sama sekali kalo lo mau pake bahasa serapan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi alangkah baiknya kalo lo tau arti sebenarnya dari kata-kata yang akan lo pake. Kalo lo gak yakin, mungkin lebih baik pake Bahasa Indonesia aja. Toh biar bagaimana juga, kita tinggal di Indonesia kan? :)
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berikan komentar anda tentang isi blog/pemilik blog